Corona Virus

oleh -89 views

Penulis : dr. Hj. Ratih Tedjasukmana Dadang ( kasie kesga gizi dinkes dan pengendalian penduduk kab tasikmalaya, lulusan fk unpad 1990)

KIM Galunggung Info Santanamekar. Penyebab covid 19 adalah virus atau nama resminya sars co v 2 yang merupakan virus rna ribonucleic acid. Virus ini mempunyai karakter yang mudah bermutasi dan bersifat superspreader dari satu orang bisa menularkan ke 30 orang.

Dari mana indonesia atau masyarakat indonesia mendapat penularan virus ini? Dari sample penduduk Jawa Timur (Jatim) yang diteliti Universitas Airlangga (Unair) dari 20 sample bisa teridentifikasi 4 mirip virus sars co v 2 dari Cina dan dua sample lagi mirip sars co v 2 dari europe.

Masing-masing virus menurut peneliti unair mempunyai genetic peculiarities tersendiri yaitu mempunyai karakter genetis yang unik seperti kita manusia.

Covid 19 mempunyai target organ paru-paru tapi bisa juga terdapat di ginjal. Pasien positif covid 19 biasanya meninggal karena kegagalan nafas acute respiratory distress syndrome ards.

Penting bagi kita mencegah penularan covid 19 ke diri kita sebagai individu sebagai keluarga dan mengedukasi komunitas kita.